Panduan Merencanakan Pembangunan Rumah oleh Kontraktor

Panduan Merencanakan Pembangunan Rumah oleh Kontraktor – Pada Saat ingin mendirikan rumah, tentu harus menyiapkan anggaran dana. Dengan cara mengkalkulasi perhitungan dana dengan cermat, maka tidak perlu takut proses pembangunan berhenti di tengah jalan. Bahkan di samping itu, banyaknya anggaran juga dipengaruhi dari tipe dan juga model rumah yang hendak dibangun. Misalnya saja anggaran membangun rumah minimalis tidak akan sama dengan rumah yang bergaya neogotik. Untuk itu, siapkan Panduan Merencanakan Pembangunan Rumah oleh Kontraktor berikut ini :

  1. Menetapkan Budget

Kalkulasikan dengan sangat cermat berapa biaya yang sanggup dikeluarkan. Pastinya besaran biaya ini juga sangat memperhitungkan pemakaian jasa kontraktor maupun borongan.

  1. Spesifikasi Rumah

Pertama tentukan sejak awal rumah model apa yang nantinya kamu dibangun. Model rumah ini nantinya akan mempengaruhi pemakaian material dan juga spesifikasinya.

  1. Susun Gambar dan Rencana Bangunan

Gambar rencana bangunan ini memang bukan sekadar coret-coretan di atas kertas. Gambar bangunan juga sudah harus mewakili yang akan dibangun. Anda juga bisa minta bantuan arsitek dalam mewujudkan rumah impian.

  1. Urusan IMB

IMB atau Izin Mendirikan Bangunan ini juga harus mutlak harus dikantongi supaya di kemudian hari bangunan tidak disegel saat proses pembangunan.

  1. Pilih Kontraktor

Cari kontraktor yang kompeten sekaligus tarifnya tidak terlalu tinggi.

Sebetulnya dari kelima persiapan itu, yang paling menyita tenaga ialah dengan menyusun anggaran pembuatan rumah. Terlebih harga material belakangan ini kenaikannya juga sangat sulit diduga. Tidak heran jika dalam penyusunan rencana anggaran biaya atau RAB dapa berubah gara-gara perubahan harga material. Akan tetapi biasanya orang menghitungnya dengan kasar kebutuhan bangunan berdasar luas tanah. Misalnya harga membangun rumah per meter perseginya ini sekitar Rp 3 juta.  Anda juga tinggal mengalikan saja dengan luas tanah, misalnya 200 meter persegi, maka total dana yang disiapkan ialah Rp 600 juta. Walaupun begitu usahakanlah perhitungannya ini dibuat seakurat mungkin supaya dapat diketahui besaran real dari biaya yang diperlukan. Panduan Merencanakan Pembangunan Rumah oleh Kontraktor ini juga dapat disusun sendiri dengan cara mengetahui cara-cara pekerjaan pembangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *