Macam-Macam Aritektur Rumah Yang Populer Di Indonesia

arsitektur modern jawaArsitektur Rumah – Dalam membnagun rumah, kerapkali yang kita pikirkan terlebih dahulu adalah biaya dan arsitekturnya. Untuk arsitektur sendiri kini makin berkembang dan semakin beragam. Tak jarang hal ini membuat kita bingung dalam menentukan arsitektur rumah yang akan kita pilih. Oleh karenanya, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu macam-macam arsitektur rumah. Maka simaklah beberapa Aritektur Rumah yang banyak disukai berikut ini:

  1. Arsitektur Mediteranian

Arsitektur mediteranian ini terinspirasi dengan bangunan Italia serta Spanyol. Umumnya arsitektur ini mempunyai ornament yang lebih sederhana sert memberi kesan mengutamakan kenyamanan. Masyarakat Indonesia pun juga telah banyak menerapkan arsitektur yang satu ini.

Pada ekseteriornya, umumnya dinamis. Ciri khasnya adalah adanya balkon yang menonjol keluar fasad bangunan tanpa adanya atap serta railing balkon. Jendelanya sedikit dan berukuran lebih kecil.

Pada interior umumnya  berdimensi lebih fungsional. Bagian langit-langit tidak terlalu tinggi serta langsung mengekspos struktur pada atap serta. Di Indonesia sendiri umumnya masih memakai plafond. Sedangkan bahan bangunan umumnya memkai bahan natural.

  1. Arsitektur Modern

Arsitektur modern umumnya berornamen fungsional dan  minim. Arsitektur ini juga lebih mengutamakan fungsi dalam menentukan ukuran, bentuk, dan bahan. Di jaman sekarang, banyak rumah-rumah di Indonesia baru yang memakai arsitektur ini denagn menyesuaikan dengan perkembangan budaya, teknologi terkini, serta gaya hidup pemiliknya.

Eksteriornya  didominasi jendela yang tinggi dan lebar, lis plang beton yang memanjang serta kanopi menjorok ke depan. Bentuk masa arsitektur modern didekorasi ornamen garis horizontal, vertikal, serta diagonal yang sederhana si bagian dinding eksterior. Sedangkan interiornya ditata dengan ornamen sederhana, langit-langit bertingkat serta void di ruang publik yang memberi kesan luas.

  1. Arsitektur Country

Arsitektur contry mencerminkan rumah-rumah di pedasaan yang sangat dekat dengan alam serta memberikan peran untuk alam pada sirkulasi udara, tata cahaya serta bahan bakunya. Arsitektur ini akan semakin lengkap jika dipadu dengan lahan yang sri dan luas.

Eksteriornya berdimensi overstek lebar meneduhi jendela serta pintu masuk. Adanya teras luas di depan dan belakang rumah yang dilengkapi furniture untuk bersantai. Pada interiornya lebih transparan dan luas, langit-langit menunjukkan struktur atap. Jendela banyak dan besar yang mengutamakan peran alam. Bahan bangunannya pun didomonasi bahan yang alami.

Demikaianlah penjelasan beberapa macam Aritektur Rumah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *